PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI FILUM MOLLUSCA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X

  • SHEREN RADITA WINDY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, ketuntasan dan peningkatan hasil belajar, serta respons siswa terhadap pembelajaran biologi Filum Mollusca menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Concept Attainment Model (CAM). Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental atau penelitian semu dengan rancangan penelitian Pretest and Posttest Group Design, masing-masing kelompok terdiri atas 40 siswa. Kegiatan persiapan dilaksanakan di Jurusan Biologi, FMIPA, UNESA pada bulan Oktober  2015  sampai  Maret  2016.  Penelitian di  kelas  dilaksanakan pada  bulan  Mei  2016.  Data  keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respons siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data hasil belajar dianalisis dengan uji Z dan gain score. Pembelajaran materi Filum Mollusca dengan menggunakan LKS berbasis CAM dapat terlaksana dengan sangat baik, yaitu 94%, dengan aktivitas yang baik dengan skor 3,8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 siswa kelas X MIA 6 yang menggunakan LKS berbasis CAM mencapai ketuntasan klasikal 100%. Hasil belajar siswa meningkat dengan nilai gain score 0,9 (kategori tinggi). Selain itu, siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran.

 

Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Concept Attainment Model, Mollusca,Biologi Kelas X

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 77