PENGEMBANGAN PERMAINAN QUESTION WHEEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KEAKTIFAN MENJAWAB DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR

  • FATHONATUN NISAK USHOLIHAH MUCHLIS

Abstract

Jamur merupakan salah satu materi biologi yang cukup sulit dan cenderung menghafal. Materi jamur memiliki subpokok bahasan yang cukup luas untuk dipelajari dan dipahami. Maka dari itu dilakukan pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan berupa permainan yaitu permainan Question Wheel. Media permainan Question Wheel merupakan salah satu media pembelajaran berupa roda putar yang dilengkapi dengan kartu berisi pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melatih keaktifan menjawab dan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASSURE(Analyze Learner, State Objectives, Select Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Performance dan Evaluate and Revise). Kegiatan pengembangan media dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA-UNESA pada bulan November 2015-Maret 2016. Uji coba media dilakukan di SMAN 1 Sampang pada tanggal 7 dan 14 Mei 2016. Hasil penelitian pengembangan media permainan Question Wheel ditinjau dari aspek keaktifan menjawab siswa memperoleh penilaian sebesar 85,31% dengan kategori sangat baik dan hasil belajar siswa sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan Question Wheelpada materi jamurlayak untuk dikembangkan dalam pembelajaran berdasarkan dari aspek keaktifan menjawab siswa dan hasil belajar siswa, namun dalam menerapkan media ini sebaiknya didahului dengan pembekalan konsep.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Question Wheel, Keaktifan Menjawab, Materi Jamur 

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 209
PDF Downloads: 283