VALIDITAS DAN KETERLAKSANAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBAHASA INGGRIS BERBASIS METAKOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
Abstract
Penelitian tentang LKS berbasis strategi metakognitif berbahasa inggris pada materi sistem pernapasan manusia bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan keterlaksanaan LKS. Strategi metakognitif yang dilatihkan dalam LKS yaitu kemampuan metakomprehensi meliputi kemampuan menentukan skor, kemampuan menentukan keyakinan, dan kemampuan membandingkan konsep. Validitas LKS ditentukan dari penilaian tiga validator sedangkan keterlaksanaan LKS ditentukan dari observasi selama ujicoba terbatas kepada 24 siswa XI IPA 1 SMAN 1 Krian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validitas LKS yang didapat adalah 3,67 atau sangat valid dan persentase keterlaksanaan LKS yang didapatkan adalah 96,4% atau sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Strategi Metakognitif pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dinyatakan valid dan praktis.
Kata Kunci: validitas, keterlaksanaan, lembar kegiatan siswa, metakognitif, berbahasa inggris.
PDF Downloads: 69