VALIDITAS LKS BIOLOGI BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E MATERI SISTEM PERNAPASAN

  • DIYAH SETYAWATI

Abstract

Penelitian yang sudah dilakukan terkait pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi berbasis model Learning Cycle 5E materi sistem pernapasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS biologi yang layak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan validitas LKS adalah valid yang memenuhi syarat didaktik, konstruksi, dan teknik, rata-rata skor yang diperoleh sebesar 3,92, skor persentase rata-rata kepraktisan LKS 1 terkait sistem pernapasan manusia sebesar 97% dan LKS 2 terkait sistem pernapasan hewan sebesar 98%, dan keefektifan LKS menunjukkan persentase skor hasil belajar siswa sebesar 81,25% dan respon siswa sebesar 93%. Berdasarkan hasil, maka LKS biologi berbasis model Learning Cycle 5E yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKS.

 

Kata Kunci: LKS, model Learning Cycle 5E, Sistem Pernapasan.

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 44