KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA

  • HIDAYATUL LAILY IJTIMAIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses siswa yang diukur berdasarkan hasil belajar kognitif, keterampilan proses (keterampilan merumuskan masalah, mengidentifikasi variabel, merumuskan hipotesis, melakukan percobaan, memperoleh dan menyajikan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil), dan respons siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D tanpa dilaksanakannya tahap Disseminate. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lamongan pada bulan Mei 2016 dengan menggunakan one group pretest and postest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar kognitif siswa mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan keterampilan proses siswa yang dilatihkan mendapatkan persentase sebesar 95%, dengan kategori sangat baik. Hasil respons positif siswa terhadap LKS mendapatkan rata-rata persentase sebesar 97,4% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Keefektifan LKS, inkuiri terbimbing, materi pertumbuhan dan perkembangan, keterampilan proses siswa

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 67