KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUBMATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES TERINTEGRASI

  • Ainur Rohmah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan dan keefektifan LKS berbasis pendekatan saintifik pada submateri fotosintesis dan respirasi untuk melatihkan keterampilan proses terintegrasi pada siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4D tanpa tahap Dissaminate. Penelitian dilakukan pada 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa kelas XI MIA-3 dan 10 siswa kelas XI MIA-4 SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto, dengan menggunakan rancangan one group pretest and posttest design. Data berupa hasil keterlaksanaan LKS, hasil belajar dan respons siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan keterlaksanaan pendekatan saintifik pada LKS menunjukkan bahwa aktivitas siswa 5M dan keterampilan proses terintegrasi amat baik dengan persentase 91,88%. Efektifitas LKS berbasis pendekatan saintifik dinilai sangat baik ditinjau dari hasil belajar serta respons positif yang diberikan siswa. Hasil belajar siswa yang dilihat berdasarkan ketuntasan indikator menunjukkan pada indikator pengetahuan sebesar 86,25%. Persentase ketuntasan indikator keterampilan proses terintegrasi yang dilatihkan terdiri atas keterampilan membuat rumusan masalah, mengajukan hipotesis, mengidentifikasi variabel, melakukan percobaan, memperoleh dan menyajikan data, menganalisis data, serta menyimpulkan, memiliki persentase sebesar 100%. Selain itu respons positif yang diberikan siswa memiliki persentase sebesar 98,75% dengan interpretasi sangat layak.

Kata kunci: LKS, pendekatan saintifik, keterampilan proses terintegrasi, fotosintesis dan respirasi 

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 93