PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PETA PIKIRAN PADA MATERI TRANSPOR MELALUI MEMBRAN KELAS XI SMA

  • FITRI NURROCHMAWATI

Abstract

Materi transpor melalui membran kelas XI SMA merupakan materi yang cukup sulit untuk siswa dikarenakan memiliki cukup banyak bahasan di dalamnya. Salah satu alternatif cara untuk memudahkan siswa memahami materi transpor melalui membran yaitu dengan LSK yang menggunkan strategi peta pikiran pada materi transpor melalui membran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS yang menggunakan strategi peta pikiran pada materi transpor melalui membran, mengetahui kelayakan teoritis berdasarkan hasil validasi LKS yang terdiri dari aspek isi, aspek penyajian, serta aspek kebahasaan dan keterbacaan, serta kelayakan empiris dari hasil belajar siswa dan aktifitas siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan model 4-D dengan tahapannya yaitu pendefisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Uji coba terbatas dilakukan terhadap 34 siswa kelas XI SMA 1 Kertosono  untuk memperoleh data seperti hasil belajar dan aktifitas siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi LKS diperoleh persentase untuk masing – masing aspek isi, aspek penyajian serta aspek kebahasaan dan keterbacaan berturut – turut 82,5%, 87,5% dan 86,2%. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dapat membantu siswa meningkatkan ketuntasan hasil belajar sebesar 97%, hasil aktifitas siswa dengan kategori baik – sangat baik dengan persentase 87%.

 

Kata Kunci: peta pikiran, lembar kerja siswa, transpor membran

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 55