VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI MODEL LEARNING CYCLE 7-E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS X SMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan validitas Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Model Learning Cycle 7-E dan melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekologi kelas X SMA berdasarkan penilaian dua pakar biologi dan satu guru biologi SMA. Learning Cycle 7-E merupakan model pembelajaran dengan menggunakan 7 tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu tahap elicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. LKS yang dikembangkan menggunakan desain penelitian model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (pendeseminasian), namun pada tahap penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan pada penelitian ini. Pengembangan LKS dilakukan di Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Surabaya pada bulan Januari-April 2016. Parameter dalam penelitian ini ialah validitas LKS, yang divalidasi oleh 3 orang validator, yaitu dosen ahli pendidikan, ahli materi, dan guru biologi SMA.Teknik analisis penlitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Skor keseluruhan rata-rata hasil validasi sebesar 3,55 dalam kategori sangat layak. Berdasarkan rincian hasil data yang diperoleh, LKS yang dikembangkan, dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar.
Kata kunci : validitas, lembar kegiatan siswa, model learning cycle 7-E, berpikir kritis, materi ekologi.
PDF Downloads: 53