PENERAPAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA FATHUL HIDAYAH LAMONGAN

  • FARIHATUL LAILI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan LKS yang berbasis pendekatan keterampilan proses pada materi ekosistem dan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan rancanganTrue experimental desaign. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di MA Fathul Hidayah Lamongan. Parameter yang diukur yaitu, perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada kedua kelas. Teknis anlisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan analisis statistika uji Kolmogorof-Sminorf, uji t signifikasi, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan 1) Keterlaksanaan pembelajaran dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 97,75%. 2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dalam kategori sangat baik denganrata-rata 98,25%. 3) Ketuntasan hasil belajar siswa yang meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan. Kompetensi pengetahuan  dilakukan dengan pretest dan postestpada kelas eksperimen dan kontrol, hasil uji t signifikasi menunjukan adanya perbedaan yang sangat signifikan. pada kelas eksperimen thitung< ttabel10,84>1,72 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan, sedangkan pada kelas kontrol thitung< ttabel yaitu 0,993 <1,71 yang menunjukan tidakadanya peningkatan hasil belajar secara signifikan,kompetensi sikap pada kelas eksperimen diperoleh 88,6% dengan predikat A 73%, B 23% dan C 4% dan kelas kontrol diperoleh 88,54% dengan predikat A 67%, B 29%, dan – (siswa yang tidak masuk) 4%, pada kompetensi keterampilan diperoleh 98,05% pada kelas eksperimen sehingga mencapai ketuntasan dan 56,9% pada kelas kontrol sehingga tidak mencapai ketuntasan, hal tersebut menujukkan bahwa penerapan LKS berbasis pendekatan keterampilan proses dapat menuntaskan hasil belajar siswa. 4) respon siswa masuk dalam kategori sangat baik, siswa memberikan97,08% respon positif.

 

Kata kunci: Penerapan, LKS Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses, materi ekosistem.

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 41