ANALISIS KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) YANG DIKEMBANGKAN GURU DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA

  • M. SHOBIRIN

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut Permendikbud No. 103 Tahun 2014 merupakan suatu rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru Biologi SMA di Nganjuk menyatakan bahwa RPP Materi Virus beberapa guru di sekolah masih mengacu pada Permendikbud No. 83 tahun 2013. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesesuaian komponen/isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tuntutan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Virus yang dikembangkan Guru biologi Kelas X SMA di Nganjuk merupakan sasaran dalam penelitian ini. Data primer dalam penelitian ini bersumber dari RPP Materi Virus dan Sumber data sekunder adalah Angket guru dan hasil wawancara. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesesuaian RPP yang dikembangkan guru mendapat persentase tertinggi sebesar 89% dengan kategori “Sesuai” dan persentase terendah sebesar 79% dengan kategori “Cukup Sesuai” dengan Kurikulum 2013. Komponen RPP Guru yang kurang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yaitu kesesuaian indikator dengan KI dan KD, materi remedial dan pengayaan, penilaian, penilaian remedial dan pengayaan, pemilihan bahan pembelajaran, media pembelajaran, kegiatan inti dengan pendekatan saintifik, kegiatan pendahuluan dan penutup

 

Kata kunci: Analisis Kesesuaian RPP, Materi Virus, Kurikulum 2013

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 94