PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI FUNGI KELAS X SMA/MA

  • AL WIDIAN DINAR

Abstract

Tujuan dari penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran biologi yang layak berdasarkan aspek teoritis dan empiris. Metode Research and Development (R&D) yang digunakan dalam penelitian dibatasi hanya sampai studi pengembangan pada tahapan uji coba terbatas. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan instrumen penilaian autentik meliputi penilaian sikap spiritual dengan teknik penilaian diri, sikap sosial dengan teknik  observasi, pengetahuan berupa tes essay, keterampilan dengan penilaian produk. Instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran biologi materi fungi siswa kelas X SMA/MA yang dikembangkan layak berdasarkan aspek teoritis dan aspek empiris. Ditinjau dari aspek teoretis telah memenuhi kriteria validitas dari ranah isi (materi) 86,1%, konstruksi 88,3%, dan bahasa 87,5% dalam kategori sangat valid. Berdasarkan aspek empiris ditinjau dari keterlaksanaan instrumen sebesar 3,89 (sangat baik), reliabilitas instrumen kompetensi sikap spiritual 0,67 dan sosial 0,61 reliabel dengan interpretasi tinggi, kompetensi pengetahuan sebesar 0,42 reliabel dalam kategori sedang, keterampilan proses dengan reliabilitas 0,67 dan penilaian produk sebesar 0,73 keduanya reliabel dengan intepretasi tinggi sehingga termasuk kategori sangat layak untuk digunakan.

 

Kata kunci: instrumen penilaian autentik, pembelajaran biologi, fungi.

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 108