UPAYA PEMANTAPAN KONSEP PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN TALKING STICK PADA SUBMATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGANEL SEL KELAS XI MIA

  • DEVEGA DHAMANING TYAS

Abstract

Guru dituntut untuk bisa menciptakan pembelajaran yang menarik, memotivasi, dan kreatif guna memantapkan konsep peserta didik terhadap materi tertentu. Upaya pemantapan konsep tersebut dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa permainan edukatif. Alat bantu yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kartu permainan menggunakan talking stick pada submateri struktur dan fungsi organel sel kelas XI MIA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kartu permainan pada submateri struktur dan fungsi organel sel kelas XI MIA yang valid, praktis, dan efektif guna memantapkan konsep dari peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Pengembangan dari kartu permainan guna memantapkan konsep peserta didik terhadap materi tertentu ini dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA UNESA, sedangkan kegiatan uji coba dilaksanakan di SMAN 1 Wonoayu secara terbatas menggunakan peserta didik kelas XI MIA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi kartu dan petunjuk penggunaan kartu sebesar 94,2% (sangat valid) dan 95,02% (sangat valid); hasil keterlaksanaan aktivitas sebesar 100% (sangat praktis); hasil belajar peserta didik sebesar 80% (sangat efektif); dan hasil respons peserta didik sebesar 93,3% (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa alat bantu berupa kartu permainan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

 

Kata kunci: talking stick, pengembangan, struktur dan fungsi organel sel.

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 123