PENGEMBANGAN MONOPOLI PROTISTA SEBAGAI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SISWA KELAS X

  • KARINA PUTRI ANDRIYANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan monopoli yang layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis meliputi aspek validitas media, sedangkan kelayakan empiris meliputi aspek aktivitas, hasil belajar siswa dan motivasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASSURE. Langkah-langkah ASSURE yaitu analisis karakter siswa, menentukan tujuan, pemilihan media, penggunaan media dan bahan, menjaring partisipasi dan respons siswa, dan evaluasi-revisi. Kegiatan pengembangan media dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA-UNESA pada bulan Desember 2015 sampai dengan bulan Maret 2016. Uji coba media dilakukan di SMAN 2 Sidoarjo pada tanggal 2 juni 2016. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu menghasilkan 1 set monopoli yang terdiri dari beberan monopoli, kartu pertanyaan yang telah di sesuaikan dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD) 3.5 yaitu menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan pritista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis, kunci jawaban, kartu hak milik, petunjuk penggunaan, penanda Landmark, bidak dan dadu. Media permainan monopoli protista dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas media memperoleh penilaian sebesar 98,3% dengan kategori sangat valid. Penilaian berdasarkan aspek aktivitas siswa sebesar 94,4% dengan kategori sangat valid. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa rata-rata (g) 0,82 dengan kategori tinggi dan motivasi siswa sebesar 95,4% dengan kategori sangat valid. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan monopoli protista pada materi protista mirip tumbuhan layak secara teoritis dan empiris untuk dikembangkan dalam pembelajaran biologi di SMA kelas X.  

Kata kunci: Monopoli Protista, Pengembangan, Permainan Edukatif

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 185