KEEFEKTIFAN LKS BERORIENTASI GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BERBAGAI TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI

  • FRANSISKA FITRIA DAMAYANTI

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan LKS berorientasi Group Investigation pada materi berbagai tingkat keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA yang efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa dan respons siswa. Kelebihan dari model pembelajaran Group Investigation diantaranya memberi kebebasan kepada pebelajar untuk berpikir secara kritis, analitis, reflaktif, dan produktif dengan saling bekerjasama dalam kelompok. Materi keanekaragaman hayati mempelajari konsep keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem, serta keanekaragaman flora dan fauna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminite) namun tanpa tahap Desseminite. Pengembangan LKS dilakukan di jurusan di jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya dan uji coba LKS dilakukan pada 20 siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan rancangan one group pretest and posttest design. Data berupa hasil belajar dan respons siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan ketuntasan hasil ketuntasan belajar kognitif siswa, LKS dinyatakan sangat praktis dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 90%. Lembar Kegiatan Siswa juga dinyatakan sangat praktis ditinjau dari respons siswa dengan persentase 99,5% siswa memberikan respons positif terhadap LKS. Dengan demikian, LKS yang dikembagkan sangat efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: LKS, Group Investigation, Materi Keanekaragaman hayati  

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 85