VALIDITAS DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS X

  • SUSIANI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis literasi sains pada materi tumbuhan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D, yaitu tahap Define, Design,  Develop,  dan Dessiminate. Namun dalam penelitian ini tahap Dessiminate  tidak  dilakukan.Kegiatan  pengembangan LKS berbasis literasi sains dilaksanakan di kampus Jurusan Biologi FMIPA- Unesapada bulan November s/d Mei 2016.Kegiatan uji coba dilakukan secara terbatas kepada 16 siswa kelas X MAN Kebosari. LKS yang valid ditinjau berdasarkan hasil validasi yang memperoleh nilai sebesar 3,85 dengan kategori sangat valid. LKS yang praktis ditinjau dari keterlaksanaan LKS yang memperoleh nilai sebesar 94,06% dengan kategori sangat praktis. LKS yang efektif ditinjau dari hasil belajar dan respons siswa. Hasil belajar siswa pada aspek sikap memperoleh nilai sebesar 3,7 (sangat efektif), aspek pengetahuan memperoleh persentase ketuntasan 93,75% (sangat efektif) dan aspek ketrampilan memperoleh nilai sebesar 3,75 (sangat baik) serta hasil respon siswa menunjukkan bahwa LKS memperoleh respon positif sebesar 98,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan masuk dalam kategori valid, praktis, dan sangat efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: validitas, efektivitas, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), literasi sains, materi tumbuhan

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 73