VALIDITAS MEDIA VIDEO TERINTEGRASI MNEMONIC RHYMES AND SONGS PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP RETENSI SISWA KELAS XI SMA

  • UMI CHOIRUN NISAK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs dan mengetahui pengaruhnya terhadap retensi siswa kelas XI SMA pada materi sistem gerak manusia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D Models) yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Media yang dihasilkan divalidasi dan diujicoba terbatas. Retensi siswa dianalisis menggunakan Uji-t. Sasaran penelitian ini adalah media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs pada materi sistem gerak manusia yang diujicoba terbatas pada 15 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas pembanding. Hasil validasi media video menunjukkan bahwa media video sangat valid dengan persentase sebesar 98,33%. Berdasarkan hasil uji tes retensi, persentase siswa yang berhasil mengingat materi pada kelas eksperimen sebesar 47% dan kelas pembanding sebesar 27%. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara daya ingat siswa yang diajar menggunakan media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs dengan yang diajar menggunakan media slide power point. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media video terintegrasi mnemonic rhymes and songs pada materi sistem gerak manusia kelas XI SMA sangat valid dan berpengaruh terhadap retensi siswa.

Kata Kunci: media video, mnemonic rhymes and songs, retensi, materi sistem gerak manusia

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 158