Abstract
Lembar Kegiatan Siswa berbasis penemuan terbimbing materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA diketahui efektif tetapi hanya diuji coba secara terbatas, sehingga diperlukan uji coba secara lebih luas seperti di dua sekolah yang berbeda untuk verifikasi keefektifan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran serta peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa dan menganalisis perbedaan peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa Kelas XI SMA di SMA Negeri 2 Sidoarjo dan SMA Dharma Wanita 1 Sidoarjo. Penelitian menggunakan rancangan Pre-Experimental Pretest-Posttest Group. Data diperoleh menggunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 2 Sidoarjo dan SMA Dharma Wanita 1 Sidoarjo memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 94,5% dan 98,3% yang keduanya termasuk kategori sangat baik dan berhasil, peningkatan hasil belajar pengetahuan dari N-gain score sebesar 0,78 (kategori tinggi) dan 0,68 (kategori sedang). Hasil uji Z diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa di dua sekolah. Hasil dari semua data menunjukkan bahwa LKS tersebut mudah dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Penerapan, LKS berbasis penemuan terbimbing, materi sistem ekskresi manusia, hasil belajar.
Downloads

