VALIDITAS MODUL ANIMALIA PADA SUBMATERI INVERTEBRATA FILUM MOLLUSCA SEBAGAI BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH UNTUK KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sebagai upaya untuk mengembangkan modul berbasis pendekatan ilmiah. Penelitian ini terbatas pada materi Animalia Filum Mollusca kelas Polyplacophora, Bivalvia, Gastropoda, dan Cephalopoda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan instruksional ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation dan Evaluation. Validitas modul diperoleh dari validasi para ahli menggunakan lembar validasi dan validasi oleh pengguna yaitu hasil angket respons siswa SMAN 17 Surabaya kelas X terhadap modul yang dikembangkan. Uji coba secara terbatas dilaksanakan pada 10 siswa kelas X MIA-1 SMAN 17 Surabaya bulan Februari-Maret 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan validasi para ahli dengan persentase 97.08% dan persentase respons siswa dalam menggunakan modul sebesar 95.60% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kategori layak ditinjau dari aspek validitas oleh para ahli dan pengguna.
Kata Kunci: Modul, validitas, pendekatan ilmiah 5M, materi Filum Mollusca.
Downloads

