VALIDITAS LEMBARHKEGIATANHSISWAJLEARNINGJCYCLE 7E PADAJMATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuannuntuk mendeskripsikanovaliditas Lembar Kegiatan Siswa Learning Cycle 7E materi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan LKS tipe 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), tetapi tahap Disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2017. Sasaran penelitian yaitu kelas XI MIA 1 SMA Negeri Surabaya. Analisis data meliputi observasi lembar validitas yang dilakukan oleh dosen ahli biologi, dosen ahli pendidikan biologi, dan guru Biologi SMA Negeri 17 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas ditinjau dari 3 pakar dengan tingkat validitas sebesar 3,67 untuk LKS 1 dan 3,71 untuk LKS 2 kedua LKS tersebut di kategorikan sangat valid.
Kata Kunci: LKS, Learning Cycle 7E
Penelitian ini bertujuannuntuk mendeskripsikanovaliditas Lembar Kegiatan Siswa Learning Cycle 7E materi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan LKS tipe 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), tetapi tahap Disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2017. Sasaran penelitian yaitu kelas XI MIA 1 SMA Negeri Surabaya. Analisis data meliputi observasi lembar validitas yang dilakukan oleh dosen ahli biologi, dosen ahli pendidikan biologi, dan guru Biologi SMA Negeri 17 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas ditinjau dari 3 pakar dengan tingkat validitas sebesar 3,67 untuk LKS 1 dan 3,71 untuk LKS 2 kedua LKS tersebut di kategorikan sangat valid.
Kata Kunci: LKS, Learning Cycle 7E
Abstract
This research was aimed to description the validity student worksheet of Learning cycle 7E in growth and development topic. This research was develop researching student worksheet type 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), but the stage dessimanate was not done. This research was done on February-March 2017. Research purpose to XI MIA 1 SMAN 17 Surabaya. Data analyses include observation from sheet validation the feasibility biologist lecturer, biologist education lecturer, and biologist teacher SMAN 17 Surabaya. The result research to indication validation observation by 3 specialist validitation is 3,67 for student worksheet 1 and 3,71 for student worksheet 2 to the student worksheet is very valid categories.
Key Words: Student Worksheet, Learning Cycle 7E
Downloads
Abstract views: 50
,
PDF Downloads: 91











