EFEKTIFITAS MEDIA BIOPLASTIK LUMUT DAN LKS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SUBMATERI LUMUT
Abstract
Penelitian ini merupakan penerapan media bioplastik lumut dan LKS praktikum untuk mengetahui pengaruhnya dalam hasil belajar dan kemampuan mengklasifikasikan tumbuhan lumut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017 di SMAN 11 Surabaya tepatnya dikelas X IPA 1 dan X IPA 2 dengan jumlah siswa masing-masing 36 siswa.Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah counterballance. Sebelum diterapkan seluruh perangkat telah divalidasi dan dikategorikan sangat layak. Hasil belajar pada penelitian ini diukur melalui post-test yang meliputi indikator (1) menyebutkan contoh anggota Hepaticophyta, Anthocerophyta dan Bryophyta ; (2) mendeskripsikan ciri umum Hepaticophyta, Anthocerophyta dan Bryophyta; (3) mengklasifikasikan tumbuhan hingga tingkat devisio; (4) menyebutkan peranan lumut bagi kehidupan. Hasil nilai post-test diuji menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa media bioplastik memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan media bioplastik memiliki hasil belajar yang secara signifikan lebih baik daripada kelompok siswa yang tidak menggunakan media bioplastik. Hasil uji-t pada lumut hati, lumut tanduk dan lumut daun berturut-turut menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,035; 0,049 dan 0,036 sehingga dapat dismpulkan penggunaan media bioplastik dapat meningkatkan capaian hasil hasil belajar dalam pembelajaran.
Kata kunci : hasil belajar, media bioplastik lumut, lembar kegiatan siswa
Downloads

