VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERPADU PADA MATERI TRANSPOR MEMBRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • YUNI INDAH LESTARI

Abstract

Penelitian ini bertujuannuntuk mendeskripsikanovaliditas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis keterampilan proses terpadu pada materi transpor membran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tipe 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), tetapi tahap Disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 di SMAN 1 Porong.  Sasaran penelitian yaitu LKS berbasis keterampilan proses terpadu. Analisis data meliputi analisis hasil validasi LKS secara teroritis dan empiris. Observasi lembar validitas yang dilakukan oleh dosen ahli biologi, dosen ahli pendidikan biologi, dan guru Biologi SMAN 1 Porong. Hasil penelitian validitas LKS ditinjau dari 3 pakar dengan tingkat validitas sebesar 3,55 di kategorikan valid. Hasil penelitian hasil belajar ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa dengan presentase siswa tuntas 100% pada saat posttest LKS dan mengalami peningkatan hasil belajar 0,7. Lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan keterampilan proses terpadu pada materi transpor membran kelas XI SMA layak digunakan berdasarkan validitas 3,55dan peningkatkan hasil belajar siswa 0,7.

Kata Kunci: LKS, Keterampilan proses terpadu, transpor membran, hasil belajar 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 108