PENGEMBANGAN KARTU PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah diarahkan menjadi kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan implementasi dari Kurikulum 2013, sehingga siswa dapat termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif dalam pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat ialah menggunakan permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan kartu permainan Teka-Teki Silang sebagai salah satu alternatif untuk mengajarkan materi Sel berdasarkan kevalidan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode ASSURE (Analyze Learner, State Objective, Select Method, Media, and Material, Utilize Materials, Require Learner Participant, dan Evaluate and Revise). Kegiatan uji coba dilaksanakan secara terbatas pada bulan Maret 2017 kepada 20 siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Arosbaya, Bangkalan. Hasil penelitian validitas kartu Teka-Teki Silang setelah ditinjau dari 3 pakar diperoleh tingkat validitas sebesar 4 yang dikategorikan sangat valid. Hasil penelitian untuk hasil belajar pengetahuan setelah siswa mengikuti pembelajaran menggunakan kartu Teka-Teki Silang dan diberikan post-test, nilai yang didapatkan siswa memenuhi KKM yaitu ≥75, dan diperoleh persentase siswa tuntas 100% dengan tercapainya indikator yang diharapkan, serta mengalami peningkatan hasil belajar (g) sebesar 0,72. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kartu Teka-Teki Silang pada materi sel layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validitas dan peningkatan hasil belajar siswa
Kata kunci: Kartu Permainan, Teka-Teki Silang, Hasil belajar, Materi Sel
Downloads

