PENGEMBANGAN LKS DISKUSI BERORIENTASI MODEL BRAINSTORMING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Abstract
Brainstorming merupakan suatu kegiatan yang berguna untuk memulai atau menggeneralisasikan suatu ide baru. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS Diskusi yang berorientasi Model Brainstorming yang valid, efektif, dan memiliki keterbacaan yang baik untuk melatih keterampilan penyelesaian masalah pada materi perubahan lingkungan. Jenis penelitian menggunakan model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate, tetapi tahap Disseminate tidak dilakukan. Rancangan penelitian menggunakan One-Group Pretest-posttest Design dan lama penelitian ini selama 6 bulan dari bulan Oktober 2016 sampai April 2017. Metode yang digunakan adalah metode validasi, metode uji keterbacaan, metode evaluasi dan metode angket. Penelitian ini menghasilkan (LKS) Diskusi berorientasi Model Brainstorming untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA layak berdasarkan tingkat validitas, tingkat keterbacaan, dan tingkat keefektifan serta uji coba terbatas dilakukan kepada 16 siswa. Berdasarkan kevalidan LKS ini memperoleh nilai sebesar 4 yang dikategorikan sangat valid. Untuk keterbacaan LKS ini dari 5 sampel wacana yang diteliti memiliki tingkat kelas pembaca kelas 10 SMA. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar dan respon siswa dikatakan efektif dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 100% dengan N-Gain tergolong rendah, sedang dan tinggi sedangkan persentase respon siswa yang menjawab “Ya” sebesar 97,66% sehingga dikatakan siswa merespon sangat positif.
Kata kunci: Brainstorming, LKS, validitas, keterbacaan, keefektifan.
Downloads

