VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH SISWA KELAS X SMA/MA
Abstract
Penelitian pengembangan ini yang bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran e-learning berbasis Edmodo dan diharapkan dapat mengatasi masalah keterbatasan waktu serta kesulitan siswa dalam memahami materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Pengembangan ini menggunakan model pembelajaran 4-D (Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan, dan Penyebaran) dan proses pengembangannya dimulai pada bulan Agustus 2016 - Mei 2017 serta dilakukan ujicoba terbatas terhadap 20 siswa kelas X MA Al Karimyyah Beraji-Sumenep. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan secara deskriptif kuantitatif, diperoleh hasil validasi Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) sebesar 2,64, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebesar 2,81, dan Media Edmodo sebesar 2,62 dengan interpretasi sangat valid.
Kata kunci: Media Pembelajaran, E-learning, Edmodo, Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah
PDF Downloads: 85