PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA
Abstract
Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman konsep yang dialami oleh siswa. Penguasaan konsep yang salah dapat mengakibatkan miskonsepsi. Materi Sistem Pencernaan merupakan materi yang dapat memicu terjadinya miskonsepsi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi yang terdapat di SMAN 2 Sidoarjo dan SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo serta mendeskripsikan faktor terjadinya miskonsepsi. Jenis penelitian ini deskriptif evaluativ menggunakan instrumen Certainty Response Index (CRI) dan wawancara. Penilitian dilakukan pada bulan januari - Maret 2017. Sasaran penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan SMAN 2 Sidoarjo, guru mata pelajaran biologi serta bahan ajar yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil miskonsepsi tergolong sedang yaitu dengan. persentase sebesar 46%, persentase siswa menebak sebesar 2.72%, tidak paham konsep sebesar 5%, paham konsep sebesar 43.10%. Faktor Penyebab miskonsepsi berasal dari siswa,guru, buku teks dan strategi pembelajaran guru
Kata Kunci : Miskonsepsi, Materi Sistem Pencernaan, Certainty Of Response Index (CRI)
PDF Downloads: 636