PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

  • YANUARTI DWI LESTARI

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa adalah sebuah perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai sumber belajar siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Namun di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo belum maksimal menggunakan LKS. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Perubahan Lingkungan yang valid dan praktis. Pengembangan LKS dilakukan pada pada bulan Oktober 2016 hingga Januari 2017, sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada tanggal 4 dan 8 April 2017. Validitas LKS diperoleh dari penilain validator yaitu 2 dosen Biologi Unesa dan 1 guru Biologi SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Kepraktisan LKS ditinjau berdasarkan keterbacaan, keterlaksaan LKS melalui aktivitas dan respon siswa. Keterbacaan LKS ditinjau melalui grafik Fry terhadap wacana yang terdapat pada LKS yang dikembangkan. Dalam penelitian ini menggunakan subjek uji coba terbatas pada 16 siswa kelas X-MIA 1 di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Hasil penelitian ini yaitu persentase validitas LKS sebesar 92,6 % dengan kategori sangat layak; kepraktisan LKS ditinjau dari keterlaksanaan LKS dan respon siswa dengan persentase sebesar 91,78 % (sangat praktis) dan 86,91 % (sangat praktis); dan keterbacaan LKS dihitung keterbacaan wacana 1 dan 2 pada LKS dengan menggunakan grafik Fry dan hasilnya sesuai dengan tingkatan kelas yaitu kelas X SMA karena berada di titik pertemuan 7,7;160,2 dan 6,3;156,6.

Kata Kunci: Pengembangan LKS berbasis CTL, Perubahan Lingkungan.

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 157