KELAYAKAN TEORITIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS ) BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING SUBMATERI KOMPONEN PENYUSUN EKOSISTEM KELAS X SMA

  • FITRIA KARINASARI

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis experiential learning submateri komponen penyusun ekosistem untuk siswa kelas X SMA yang layak secara teoritis berdasarkan pada hasil validasi LKS. Pengembangan LKS dilaksanakan di Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya pada bulan November 2016 – Januari 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D, tapi tahap Disseminate tidak dilakukan. Uji coba terbatas LKS yang dikembangkan dilakukan di bulan Maret – April 2017 pada 15 siswa kelas X MIA 7 SMAN 2 Nganjuk. Validasi kelayakan LKS dilakukan oleh dua dosen ahli dan seorang guru biologi SMAN 2 Nganjuk. Selanjutnya data hasil validasi akan dianalisis secara deskriptif kualitatif.  Berdasarkan analisis data validasi diperoleh nilai sebesar 3,28 dan dinyatakan bahwa LKS berbasis experiential learning  yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah

             Kata Kunci : Model, Experiential Learning, Lembar Kerja Siswa

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 228
PDF Downloads: 200