VALIDITAS LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA

  • KHOIROTUN NAFIAH

Abstract

Literasi sains merupakan suatu kemampuan dalam mengidentifikasi pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi bukti serta membuat keputusan ilmiah berdasarkan bukti-bukti ilmiah. Manfaat seseorang memililiki keterampilan literasi sains yaitu  mereka mampu memecahkan masalah ekologi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan bukti ilmiah dengan menggunakan literasi sains. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Problem Based Learning pada materi ekologi untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa kelas X SMA yang layak berdasarkan hasil validasi para ahli dan hasil respon siswa. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdirindari define, design, develop,dan disseminate, namunipada tahap  desiminasi tidak dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2016- Februari 2017. Kemudian tahap ujicoba dilaksanakan pada bulan Maret 2017. LKS yang dikembangkan akan divalidasi oleh ahli materi, ahli pendidikan danaguru biologi. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan guru biologi diperoleh bahwa validitas LKS sebesar  95,72%, ditinjau dari tiga aspek yaitu penyajian, isi dan kebahasaan, serta dari respon siswa sebesar 94,38%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS termasuk kategori sangat valid, sehingga LKS dinyatakan layak untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa.

             Kata Kunci : Validitas, LKS, PBL, Keterampilan Literasi Sains, Materi Ekologi

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 66