VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA

  • WIWIN ISWANTINI

Abstract

Tingkat literasi sains siswa di Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara-negara lainnya sehingga perlu difasilitasi bahan ajar yang dapat mendukung kegiatan literasi sains. Bahan ajar tersebut dapat berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis inkuiri yang diharapkan dapat melatihkan literasi sains siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan LKS dan mendeskripsikan validitas LKS berbasis inkuiri pada materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan literasi sains siswa kelas X SMA berdasarkan penilaian 3 pakar. Terdapat dua LKS yang dikembangkan yaitu LKS 1 membahas topik pencemaran udara dan LKS 2 membahas topik pencemaran air. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilaksanakan. Analisis data hasil validasi dilakukan secara teoritis dan empiris. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan perolehan persentase sebesar 93,99%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan literasi sains dengan perolehan N-gain sebesar 0,71 yang tergolong kategori tinggi. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM (tuntas) pada saat  posttest sebesar 87,5% dengan nilai KKM 75 dan ketuntasan indikator memperoleh persentase sebesar 100% tuntas dari 13 indikator pada saat posttest.

 

Kata kunci: Validitas LKS, inkuiri, literasi sains, pencemaran lingkungan

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 117