VALIDITAS EMPIRIS BUTIR SOAL HIGH ORDER THINKING (HOT) BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA SUB MATERI SISTEM INDERA SISWA KELAS XI SMA

  • BETTY ASROTAJA YONIKA PUTRI

Abstract

Berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan yang membutuhkan kemampuan seperti menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa adalah dengan membiasakan memberikan soal dalam bentuk pemecahan masalah, berpikir kreatif dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan instrumen evaluasi High Order Thinking (HOT) berbasis Computer Based Test  (CBT). Penelitian ini dilakukan pada Bulan Januari - April 2017. Butir soal yang dikembangkan sudah divalidasi secara teoritis dan dinyatakan valid. Instrumen yang dikembangkan diujicobakan pada 20 siswa kelas XI SMA Negeri 4 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis secara deskriptif yang meliputi analisis hasil Tes High Order Thinking (HOT) berbasis Computer Based Test (CBT) untuk mengetahui nilai reliabilitas, tingkat kesulitan, serta indeks daya beda dan analisis respon siswa untuk mengetahui kepraktisan butir soal High Order Thinking (HOT) berbasis Computer Based Test (CBT). Hasil analisis butir soal memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,56%, tingkat kesukaran soal mudah sebesar 20%, sedang 55%, dan sulit sebesar 25%. Kepraktisan rata–rata instrumen evaluasi berdasarkan respon siswa sebesar 87,5 dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi High Order Thinking (HOT) berbasis Computer Based Test  (CBT) pada sub materi Sistem Indera valid dan efektif.

Kata kunci: Validitas Empiris, High Order Thinking (HOT), Computer Based Test  (CBT), sub materi Sistem Indera

Published
2017-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 121