PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan mendiskripsikan validitas, keefektifan, dan kepraktisannya. Model pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop dan disseminate), namun penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 Juli 2016. Perolehan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis Gain Score digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Penelitian menghasilkan LKS yang valid ditinjau dari hasil validasi, LKS dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase 86,36%. LKS dinyatakan praktis ditinjau dari observasi aktifitas siswa dengan persentase sebesar 95% dan efektif ditinjau dari hasil belajar siswa 76,8% dinyatakan tuntas dengan nilai Gain score sebesar 0,78.
Kata kunci: LKS, pembelajaran berbasis masalah, dan hasil belajar.
Downloads

