PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SUB MATERI SEL PADA SISWA SMA KELAS XI IPA

  • ARIF SUSANTO Prodi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan monopoli, dan mendeskripsikan kelayakan media permainan monopoli sebagai media pembelajaran biologi SMA  kelas XI IPA semester 1 pada materi Sel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4 D model sampai tahap pengembangan (Develope). Sasaran penelitian ini yaitu media pembelajaran Sel yang dikemas dalam bentuk permainan monopoli biologi dan perangkat pembelajaran. Uji coba secara terbatas diterapkan pada siswa kelas XI IPA semester 1 SMA Al Azhar Menganti, Gresik tahun ajaran 2011-2012. Hasil penelitian ini berupa media permainan monopoli yang mendapatkan validitas secara teoritis dengan kelayakan aspek format media 90%, aspek visual 94%, aspek fungsi/kualitas media 92,86%, dan aspek kejelasan media dalam penyajian konsep 88,33%. Dari deskripsi tersebut,  media permainan monopoli layak dan dapat diimplementasikan untuk kegiatan belajar mengajar pada materi struktur dan fungsi sel.

Kata kunci: media pembelajaran, permainan monopoli materi sel.

Published
2012-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 777
PDF Downloads: 729