PENGEMBANGAN MINI BOOK MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN KELAS XI-IPA SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

  • FUJI ARIANTI Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK- Budaya membaca memiliki peran sangat penting untuk meningkatan mutu masyarakat. Hasil observasi terhadap 24 siswa SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, diketahui bahwa 50 % siswa suka membaca buku pelajaran ketika ada tugas, ulangan atau UTS. Hal ini berarti siswa belum menyadari pentingnya kebutuhan mereka membaca buku pelajaran secara disiplin dan berkelanjutan. Salah satu upaya menumbuhkan minat baca anak adalah menggunakan buku yang menarik dan sesuai dengan usia anak. Penelitian pengembangan mini book ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan mini book berdasarkan hasil telaah dan keterbacaan siswa terhadap mini book. Penelitian ini dilakukan terhadap 12 siswa kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah 4 Surabaya pada 3 April 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil telaah mini book yang dikembangkan mendapatkan katagori kelayakan sangat baik dengan persentase kelayakan dari tiga penelaah sebesar 80,71 % dan persentase keterbacaan siswa sebesar 92,29 %. Dari hasil tes siswa diketahui bahwa 66,67 % siswa memahami materi struktur dan fungsi sel dalam mini book dengan baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa dilihat dari kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mini book materi struktur dan fungsi sel yang dikembangkan oleh peneliti dapat mendukung pembelajaran di kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.

Kata kunci : mini book, materi struktur dan fungsi sel, SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.

Published
2012-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 175