Validitas LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Submateri Sistem Indera Kelas XI SMA

  • Nurul Rusydina Illahi Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Hariani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan proses sains tentang sistem indera dapat dilatihkan pada peserta didik melalui implementasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing melalui pembelajaran mengarah pada keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD serta mendeskripsikan validitas LKPD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D akan tetapi tahap Disseminate tidak dilakukan karena pengembangan hanya dalam skala kecil. Instrumen penelitian berupa lembar validasi LKPD. Analisis data secara deskriptif. Validasi LKPD dinilai dari 5 aspek yaitu penyajian, isi, bahasa, kesesuaian model pembelajaran inkuiri terbimbing, serta keterampilan proses sains. Hasil validasi berdasarkan aspek penyajian LKPD 1 tentang indera pengecap nilai rata-ratanya 95% dan LKPD 2 tentang indera pembau 91,7% sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan isi sangat valid nilainya 87,5% pada kedua LKPD. Namun ditinjau dari aspek bahasa valid pada LKPD 1 nilainya 75% dan LKPD 2 sebesar 83,3% sangat valid. Berdasarkan kesesuaian model pembelajaran inkuiri terbimbing hasilnya sangat valid pada kedua LKPD yaitu 90,3%. Ditinjau dari aspek keterampilan proses sains LKPD 1 hasilnya sangat valid yaitu 91,7% dan 93% pada LKPD 2. Dapat disimpulkan bahwa  LKPD yang dihasilkan yaitu LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains pada submateri sistem indera kelas XI SMA yang dinyatakan sangat valid dengan nilai 87,9% pada LKPD 1 dan 89,1% pada LKPD 2. LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing pada indera pengecap dan pembau ini dapat diaplikasikan untuk pembelajaran dikelas XI SMA.

Kata Kunci: LKPD, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Sistem Indera Kelas XI SMA

Published
2020-11-12
Section
Articles
Abstract View: 150
PDF Download: 146