Analisis Penerapan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Materi Sistem Ekskresi terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa SMA

  • Azizah Indra Nurani Universitas Negeri Surabaya
  • Indana Sifak Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kegiatan Belajar Mengajar di Satuan Pendidikan bila masih terpusat pada guru, siswa  tidak banyak melakukan sesuatu dan mendengarkan saja merupakan salah satu indikator belum tercapainya ketuntasan  hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat bila  menggunakan metode  kooperatif tipe Two Stay Two Stary pada materi sistem ekskresi. Prosedur penelitian ini Ada tiga (3) yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari tiga (3) pertemuan : pertemuan I pretest dan diskusi, pertemuan II presentasi, pertemuan III posttest. KKM yang ditetapkan 78 dengan jumlah siswa 60. 20 siswa tuntas dan  40   belum tuntas,  rata-rata  63,98 persentase ketuntasan belajar 32%. Hasil posttest 56 siswa tuntas dan 4 siswa belm tunas  nilai rata-rata 92,65 atau tingkat ketuntasan mencapai 96%, Maka setelah diterapkan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray menunjukkan nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 64%, dengan capaian diatas KKM 78.

Kata kunci:  Tipe  Two Stay Two Stray, proses pembuangan , Ketuntasan Hasil Belajar

Published
2020-11-12
Section
Articles
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 206