IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA SUBTOPIK STRUKTUR DAN FUNGSI ORGANEL SEL MENGGUNAKAN INSTRUMEN CRI DAN WAWANCARA DIAGNOSTIK

  • Ainur Rafika Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan pada indikator apa saja miskonsepsi yang dialami siswa pada subtopik struktur dan fungsi organel sel (2) Menentukan tingkat miskonsepsi yang dialami siswa pada subtopik struktur dan fungsi organel sel berdasarkan persentase miskonsepsi rata-rata (3)Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-evaluatif menggunakan Instrument Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara diagnostik. Penelitian melibatkan 72 siswa kelas XI dari tiga SMA Surabaya yaitu, SMAN 15 Surabaya, SMAN 16 Surabaya dan SMAN 18 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Miskonsepsi pada subtopik struktur dan fungsi organel sel terjadi pada indikator menentukan struktur organel-organel sel, fungsi organel-organel sel, keterkaitan struktur dan fungsi organel-organel sel, struktur sel prokariotik dan eukariotik, contoh sel prokariotik dan eukariotik, struktur dan fungsi bagian bagian sel hewan dan sel tumbuhan serta perbedaan struktur penyusun sel hewan dan sel tumbuhan, (2) Tingkat miskonsepsi yang dialami siswa pada subtopik struktur dan fungsi organel sel termasuk kategori rendah, dengan persentase miskonsepsi rata-rata sebesar 17,97%, (3) Penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami siswa berasal dari faktor kurangnya media dan praktikum (sumber belajar), metode belajar diskusi yang kurang optimal serta konteks materi sel yang sulit dengan alokasi waktu pengajaran di kelas yang terbatas.

Kata kunci: Miskonsepsi, Struktur dan fungsi organel sel, Instrumen CRI, Wawancara Diagnostik

Published
2015-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 15774
PDF Downloads: 14201