VALIDITAS MEDIA ALAT PERAGA EFEK RUMAH KACA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK PEMAHAMAN KONSEP KELAS X

  • Rizki Nuranisa Ismarifa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurangnaya Alat bantu dalam proses belajar mengajar menyebabkan kurangnya pemahamn siswa terhadap suatu konsep yang diperoleh sehingga mempengaruhi hail evaluasi yang diperoleh. Alat peraga efek rumah kaca merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Media alat peraga efek rumah kaca pada materi perubahan lingkungan dikembangkan dengan harapan dapat membangkitkan semangat belajar siswa dalam mempelajari materi perubahan lingkungan selain itu, siswa dapat memahami konsep pada materi tersebut. Media ini dapat dimanfaatkan sebagai alat pelengkap pembelajaran pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara teoritis ditinjau dari hasil validasi dari dosen ahli menggunakan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan ASSURE. Adapun pengumpulan data menggunakan metode telaah yang kemudian data dianalisis. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa persentase kelayakan secara teoritis berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi serta guru biologi adalah 93,75% dengan kriteria sangat layak,.

Kata Kunci : Pengembangan media pembelajaran, media alat peraga, efek rumah kaca, materi perubahan lingkungan.

Published
2021-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 102