PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS CONCEPT ATTAINMENT MODEL PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP KELAS XII SMA UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS

  • Lutfi Madani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Keterampilan abad ke-21 yang harus dikuasai oleh generasi muda adalah dapat memecahkan masalah dan berpikir kritis. Oleh karena itu harus dilatihkan kepada peserta didik sebagai persiapan diri mengatasi permasalahan dalam kehidupan sehari hari. Tujuan Penelitian ini untuk menghasilkan media powerpoint interaktif berbasis Concept Attaintment Model (CAM) materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan media powerpoint interaktif menggunakan model 4D yaitu (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Validitas media powerpoint interaktif berdasarkan validasi pakar materi, dan pakar media. Kepraktisan media powerpoint interaktif diukur dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. Keefektifan media powerpoint interaktif dievaluasi berdasarkan hasil belajar melatihkan berpikir kritis siswa dan respons siswa. Media powerpoint interaktif di uji cobakan secara terbatas pada siswa kelas XII SMA Negeri 14 Surabaya. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data adalah lembar validasi, soal evaluasi keterampilan berpikir kritis, dan angket respon siswa. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media powerpoint interaktif berbasis Concept Attaintment Model (CAM) materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor validitas 3,54,  praktis dengan keterlaksanaan 95,7%, aktivitas peserta didik 97,5%, dan efektif hal ini ditunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,5% dan respon peserta didik 100% positif. Berdasarkan hasil tersebut maka media powerpoint interaktif berbasis Concept Attaintment Model (CAM) yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran untuk  melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Kata Kunci: pengembangan, media powerpoint interaktif, CAM, berpikir kritis, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Published
2023-02-26
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 214