Analisis Profil Miskonsepsi Menggunakan Teknik Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA

Authors

  • Sajida 'Azzar Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Raharjo Raharjo Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p524-532

Abstract

Abstrak

Miskonsepsi merupakan keadaan dimana peserta didik ketika memahami suatu konsep secara salah dan bertentangan dengan pemahaman ilmiah. Miskonsepsi dapat terjadi pada seluruh materi Biologi. Biologi terdiri dari beberapa materi yang memerlukan penguasaan konsep, sehingga miskonsepsi pada peserta didik seringkali terjadi pada materi maupun sub materi, salah satunya pada materi Sistem Peredaran Darah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis profil miskonsepsi menggunakan tes diagnostik Certainty of Response Index (CRI) yang dialami oleh peserta didik pada materi Sistem Peredaran Darah dan faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksploratif dengan metode kuantitatif deskriptif. Sasaran penelitian ini yaitu 36 siswa kelas XI SMA Negeri 6 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen tes diagnostik berbasis Certainty of Response Index tersusun atas 20 soal dengan mencakup 15 butir soal multiple choice test dan 5 butir soal true-false test dan instrumen wawancara untuk mendapatkan informasi faktor penyebab miskonsepsi. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dapat digolongkan menjadi empat kategori yakni paham konsep dengan baik sebesar 43%, paham konsep namun tidak yakin sebesar 3%, tidak paham konsep 4% dan miskonsepsi sebesar 50%. Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik diperoleh melalui hasil wawancara dibagi menjadi lima faktor yakni bersumber dari peserta didik, guru, buku ajar, metode pembelajaran dan konteks materi.

Kata Kunci: Certainty of Response Index, Miskonsepsi, Sistem Peredaran Darah.

  

Abstract

Misconceptions are a situation where students understand a concept incorrectly and contradict scientific understanding. Misconceptions can occur in all Biology materials. Biology consists of several materials that require mastery of concepts, so students' misconceptions often occur in the material and sub-materials, one of which is the Circulatory System material. This research aims to identify and analyze the profile of misconceptions using the Certainty of Response Index (CRI) diagnostic test experienced by students in the Circulatory System material and its causal factors. The type of research used is exploratory research with descriptive quantitative methods. The target of this research was 36 class XI students of SMA Negeri 6 Surabaya. The research instrument used was a diagnostic test instrument based on the Certainty of Response Index consisting of 20 questions including 15 multiple choice test items and 5 true-false test items and an interview instrument to obtain information on factors causing misconceptions. Data were analyzed descriptively based on the results of diagnostic tests and interviews. The research results show that students can be classified into four categories, namely 43% understand the concept well, 3% understand the concept but are unsure, 4% don't understand the concept and 50% have misconceptions. The factors that cause misconceptions among students were obtained through interviews, divided into five factors, namely those originating from students, teachers, textbooks, learning methods and material context.

Keywords: Certainty of Response Index, Misconceptions, Blood Circulatory System.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 34