Efektivitas E-LKPD Bioteknologi Konvensional untuk Melatihkan Kemampuan Indikator Bioentrepreneurship Peserta Didik dalam Era Society 5.0

Authors

  • Indana Zulfa Universitas Negeri Surabaya
  • Sifak Indana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p24-31

Keywords:

Efektivitas, E-LKPD, Bioentrepreneurship, Bioteknologi Konvensional , Era Society 5.0

Abstract

Ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus berkembang telah mengantarkan global pada Era baru yaitu Era Society 5.0. Hal tersebut memiliki dampak pada berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali bidang pendidikan. Kemampuan bioentrepreneurship merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menghadapi Era Society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) pada materi bioteknologi konvensional untuk melatihkan kemampuan indikator bioentrepreneurship peserta didik kelas X SMA. Efektivitas yang didapatkan dari uji coba skala terbatas untuk didapatkan skor N-Gain dan uji sensitivitas. Metode penelitian menggunakan skor N-Gain yang menunjukkan ada tidaknya peningkatan nilai tes kemampuan bioentrepreneurship pretest ke posttes pada tiap indikator kemampuan bioentrepreneurship yang meliputi exploring, planning, producting, communicating, dan evaluating/reflecting. Metode penelitian ini juga menggunakan uji sensitivitas pada tiap butir soal tes yang mengandung indikator kemampuan bioentrepreneurship. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai tes kemampuan bioentrepreneurship dari pretest dan posttest pada tiap indikator dan bernilai efektif. Skor rata-rata N-Gain mendapatkan angka 0,63 dengan kategori interpretasi sedang dan tiap butir soal mendapat kategori sensitive. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa E-LKPD materi bioteknologi konvensional yang dikembangkan mampu melatihkan kemampuan bioentrepreneurship peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullahi, I. M., Khata, M., & Akor, T. S. 2020. Developing 4IR Engineering Entrepreneurial Skills in Polytechnic Students: A Conceptual Framework. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(3), 36-40.

Aiken, Lewis R. (1997). Psychological testing and assesment (ninth edition). Boston: Allyn & Bacon

Damayanti, Jihan dan Ratnasari, Evie. 2021. Rofil Dan Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik – Elektronik (E-LKPD) Berbasis Bioentrepreneurship Untuk Melatihkan Keterampilan Berwirausaha Dalam Era Industri 4.0. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10 (3), 530-540.

Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran Biologi Berbasis STEAM di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA.

Faidah, M., & Isnawati. (2020). Validitas LKPD Biotechnopreneurship untuk Melatih Kemampuan Wirausaha dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. BioEdu, 9(2), 159-165.

Gronlund, N. E., & Linn, R. L., Measurement and Assesment in Teaching. 1995. Merril

Layyina, N., Agustini, R., & Indana, S. (2021). Efektifitas Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Model Inkuiri Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). 10(2), 2005-2015

Lestari, A. A., Kusuma, F. G., & Santoso, U. (2020). "Production and Characterization of Tapai from Cassava and Black Glutinous Rice." Journal of Food Science and Technology, 57(5), 2025-2033.

Machin, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Bioteknologi Bervisi Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 50-60.

Noviani, L., Wahida, A., & Umiatsih, S. T. (2022). Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Sumberlawang. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 27 (1), 60-70.

Pratiwi, Y. A., & Isnawati. (2018). Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Bio-entrepreneurship pada Materi Bioteknologi SMA Kelas XII. BioEdu, 7(2), 194-200.

Rahayu, K., N., S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., dan Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology. Vol 6(1): 162- 167.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Subandowo, Marianus. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial. 9 (1), 24-35.

Wardhani, I. Y., Armanda, S. M., & Kusuma, A. R. (2020). Bioentrepreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Alternatif Bisnis di Masa Pandemi. Journal of Biology Education (JOBE), 3(2), 100-109.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 345 , PDF Downloads: 186

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.