PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBINGPADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

  • CHONI CHONILIYA ROHMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif, serta mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, namun hanya sampai tahap develop. Validitas LKS ditentukan berdasarkan hasil telaah LKS, kepraktisan LKS ditentukan berdasarkan hasil keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas inkuiri siswa, serta keefektivan LKS ditentukan berdasarkan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dinyatakan valid dengan skor rata-rata ≥3, praktis dengan persentase keterlaksanaan 100% dan skor aktivitas inkuiri ≥2,67, serta efektif dengan respon positif siswa sebesar 100%.

Kata kunci: LKS, inkuiri terbimbing, validitas, kepraktisan, dan keefektivan.

Published
2014-08-29
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 58