PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS X SMA

  • DITA WIDIYANTI SAWITRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoretis modul keanekaragaman hayati berbasis pendekatan saintifik berdasarkan hasil validasi dan empiris berdasarkan aktivitas dan respons siswa. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat 4-D Model tanpa disseminate (define, design, develop). Metode telaah dilakukan untuk memperoleh hasil validasi terhadap modul, metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama belajar menggunakan modul, dan metode angket dilakukan untuk memperoleh hasil respons siswa. Ujicoba terbatas dilakukan di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Hasil penelitian ini berupa modul keanekaragaman hayati berbasis pendekatan saintifik yang layak secara teoretis sebesar 97,43% dan empiris berdasarkan aktivitas siswa selama belajar menggunakan modul sebesar 89% dan respons siswa setelah menggunakan modul sebesar 93,57% dikategorikan sangat layak.

 

Kata kunci: modul, keanekaragaman hayati, pendekatan saintifik

Published
2014-08-29
Section
Articles
Abstract Views: 378
PDF Downloads: 500