PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI MODEL 5E BERBAHASA INGGRIS PADA SUBPOKOK BAHASAN VERTEBRATA

  • ERTI HAMIMI

Abstract

Siswa diharapkan dapat aktif mengkonstruksi suatu konsep selama proses pembelajaran. Model 5E memiliki karakter konstruktivis sehingga dapat membantu siswa mengkonstruksi konsep pada materi vertebrata yang memiliki cakupan cukup luas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas dan kepraktisan LKS Berorientasi Model 5E Berbahasa Inggris pada Subpokok Bahasan Vertebrata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun tahap Disseminate tidak dilakukan. Kegiatan pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi, Universitas Negeri Surabaya. Selanjutnya LKS diujicobakan secara terbatas kepada 15 siswa Kelas XI SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang. Hasil validasi menunjukkan bahwa, LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid (3,87). Kepraktisan LKS ditinjau berdasarkan keterlaksanaan LKS dinyatakan sangat praktis (3,98).

 

Kata kunci: LKS Berorientasi Model 5E, subpokok bahasan vertebrata, LKS berbahasa Inggris

Published
2014-08-29
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 804