KELAYAKAN TEORITIS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENGOLAHAN LIMBAH

  • FAKHRUDIN ARIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan LKS berbasis Pemecahan Masalah pada materi Pengolahan Limbah yang layak secara teoritis, dan mendeskripsikan kelayakan secara teoritis LKS berbasis pemecahan masalah pada materi Pengolahan Limbah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan  4-D (Define, Design, Develop, Disseminate), akan tetapi penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop. Paremeter yang diukur yaitu kelayakan teoritis Lembar Kegiatan Siswa berbasis pemecahan masalah melalui validasi dari ahli biologi. Pengembangan ini dilaksanakan di kampus Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya, pada bulan September 2013 - Maret 2014. Data hasil validasi dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan mendapat persentase nilai kelayakan sebesar 89,5% yang dapat dikategorikan sangat layak secara teoritis.

 

Kata Kunci: Kelayakan Teoritis Lembar Kegiatan Siswa, Pemecahan Masalah,  Pengolahan Limbah

 

Published
2014-08-29
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 67