PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA KEANEKARAGAMAN FUNGI DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS X SMA

  • IKA DAMAYANTI SETYANINGRUM

Abstract

Abstrak 

Materi Fungi terdapat pada Kompetensi Dasar 3.6 dan 4.6, yaitu menuntut siswa untuk bisa mengklasifikasi dan mengkomunikasikan, sehingga perlu melatihkan keterampilan proses siswa. Oleh karena itu, LKS keanekaragaman Fungi dengan cara membuat dan menggunakan kunci dikotomi dapat digunakan dalam melatihkan keterampilan proses, yakni keterampilan mengamati, menginterpretasi, mengklasifikasi, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari validasi ahli dan hasil belajar keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan model ­4D, namun tanpa dissaminate. Subjek penelitian adalah 25 siswa X Mat IA 6 SMAN 1 Magetan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan lembar performance test. Hasil data yang didapatkan dianalisis dengan skala Likert yang diinterpretasikan dalam skala modifikasi Riduwan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dikategorikan sangat layak dengan persentase 93,12% dan hasil keterampilan proses nilai rata-rata siswa 96,80 dengan kategori sangat baik dan 100% siswa tuntas.

Kata Kunci: LKS, Keanekaragaman Fungi, keterampilan proses

 

Published
2014-08-29
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 70