PENGEMBANGAN HERBARIUM PAKU-PAKUAN SEBAGAI MEDIA REALITA DALAM MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS X SMA

  • MAHRUS AFIF

Abstract

Materi keanekaragaman tumbuhan kelas X pada kurikulum 2013, menuntut siswa untuk berperan sebagai observer dalam proses mencapai kompetensi yang diinginkan. Akan tetapi tidak semua objek pengamatan dapat ditemukan di semua tempat contohnya tumbuhan paku yang dominan hidup di dataran tinggi. Karena hal ini dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan di manapun dan kapanpun dalam hal ini adalah media herbarium paku-pakuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media herbarium yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan efektivitas. Model penelitian yang digunakan adalah model R&D (research and development). Hasil penelitian ini adalah media herbarium yang dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan efektivitas. Pada aspek validitas media herbarium memperoleh persentase 99.4% dengan interpretasi sangat valid. Aspek kepraktisan ditinjau dengan dua aspek yakni observasi aktivitas siswa yang mendapat presentase 95.8% dan respons siswa yang mendapatkan persentase 100% dan keduanya memiliki interpretasi sangat praktis. Sedangkan pada aspek efektivitas diperoleh kenaikan presentase ketuntasan dari 0% pada pretest menjadi 60% posttest dan media dapat dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.  

Kata kunci : media realita, herbarium, paku-pakuan, keanekaragaman hayati.

Published
2014-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 151