PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) PADA MATERI FILUM MOLLUSCA KELAS X SMA

  • PUTRI MEY WULANSARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis CAM, mendeskripsikan kelayakan teoretis LKS berdasarkan hasil validasi para ahli, dan mendeskripsikan kelayakan empiris LKS berbasis CAM berdasarkan aktivitas, hasil belajar, dan respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKS dengan menggunakan model 4D. Kegiatan pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi, FMIPA, UNESA pada bulan Januari-April 2014. LKS yang dikembangkan diujicobakan kepada 15 siswa Kelas X SMAN 2 Mojokerto pada tanggal 4 Agustus 2014. Berdasarkan hasil validasi para ahli terhadap kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan karakteristik CAM dalam LKS menunjukkan bahwa LKS dikatakan sangat layak dengan skor sebesar 3,87. Selain itu, hasil pengamatan aktivitas siswa LKS dikatakan sangat layak dengan persentase sebesar 86,4%. Berdasarkan hasil belajar siswa, sebanyak 80% siswa memperoleh nilai tuntas. Berdasarkan hasil respons positif siswa mengenai LKS dinyatakan sangat layak dengan persentase sebesar 98%.

Kata kunci: lembar kegiatan siswa, Concept Attainment Model, Filum Mollusca, biologi kelas X

Published
2014-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 263
PDF Downloads: 279