KEEFEKTIFAN DIGITAL STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA SMA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

  • RIZKA NOVIA ROHMAWATI

Abstract

Berkembangnya ICT menuntut siswa memiliki keterampilan abad ke-21. Salah satunya keterampilan berteknologi yang dapat dijembatani dengan adanya digital storytelling (DST). Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan DST sebagai penugasan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA pada materi bioteknologi, berdasarkan  aspek keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengacu pada metode Borg & Gall, terdiri dari studi pendahuluan, studi pengembangan dan tahap pengujian.. Penelitian dilakukan pada Desember 2013-Mei 2014 di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Uji coba terbatas dilakukan di SMAN 1 Ponorogo pada Juni 2014. Pembelajaran bioteknologi dengan digital storytelling dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 86,67%, hasil belajar afektif sebesar 98%,  dan respon siswa sebesar 95,83%.

 

Kata Kunci: digital storytelling , keefektifan, bioteknologi.

Published
2014-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 141
PDF Downloads: 148