VALIDITAS TEORITIS BUKU AJAR BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA SMA

  • SRI SHOFIATUN

Abstract

Pembelajaran berbasis kurikulum 2013 menekankan pada proses pembelajaran dan penilaian autentik untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pendekatan proses pembelajaran dilakukan melalui metode saintifik melalui proses pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Permasalahan yang dihadapi guru Biologi bahwa guru merasa kesulitan untuk menerapkan kurikulum 2013 karena belum ada buku pendukung untuk mengajarkan Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan buku ajar secara teoritis. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan Model Siklus Pengembangan Instruksional Fenrich. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa buku ajar berbasis Guided Discovery yang dikembangkan dinyatakan layak secara teoritis. Kelayakan secara teoritis ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan penyajian sebesar 88%.

Kata Kunci: Teoritis, Buku Ajar, Guided Discovery, Sistem Koordinasi.

Published
2014-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 41