EVALUASI  IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGISMA KABUPATEN LAMONGAN

  • SUMEI BM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran biologi di SMA Kabupaten Lamongan pada tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi suatu program pendidikan dengan menerapkan model CIPP (context, input, process dan product). Keterdapatan kegiatan menyampaikan KI-1, KI-2 dan kegiatan 5M pada skenario pembelajaran, dianalisis pada tahap context. Bagaimana penggunaan sumber-sumber yang tersedia, dianalisis pada tahap input. Keterlaksanaan menyampaikan KI-1, KI-2 dan kegiatan 5M pada pelaksanaan pembelajaran, dianalisis pada tahap process. Hasil belajar peserta didik, dianalisis pada tahap product. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, analisis dokumen dan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran di kelas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan analisis context mendapatkan persentase sebesar   79,72% termasuk kategori baik, input sebesar 66,67% termasuk kategori baik, process sebesar 91,20% termasuk kriteria sangat baik, dan product sebesar 100% termasuk kriteria sangat baik. Hasil secara keseluruhan menunjukkan bahwa kualitas implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran biologi di SMA Kabupaten Lamongan termasuk kategori sangat baik berdasarkan keterlaksanaan pedomon umum pelaksanaan pembelajaran dengan persentase sebesar 84,39%.

 

Kata kunci: Evaluasi, implementasi, kurikulum 2013, pembelajaran biologi SMA.

Published
2014-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 37